16 Tips Menghilangkan Komedo & Bintik Hitam di Wajah

Cara Cepat Dan Alami Menghilangkan Komedo & Bintik Hitam di Wajah

harianberitaindonesiaterkini.blogspot.co.id


16 Tips Menghilangkan Komedo & Bintik Hitam di Wajah – Semua wanita di dunia ini pastilah mendambakan memiliki wajah halus dan mulus tanpa noda atau flek hitam sedikitpun walaupun rasanya hal tersebut agak sulit diwujudkan secara sempurna. Kulit wajah halus dan mulus memang merupakan kebanggan tersendiri bagi kaum hawa karena hal itu merupakan salah satu bagian dari kecantikan secara keseluruhan. Bahkan wajah yang biasa-biasa saja atau tidak cantik (asal tidak jelek) dapat tertutupi dengan memiliki kulit wajah yang halus dan mulus tanpa noda hitam atau flek. Bahkan, di zaman sekarang ini bukan hanya wanita yang menginginkan hal itu, para pria pun tak kalah banyaknya yang menginginkan memiiki wajah yang tanpa noda atau flek hitam.

Flek hitam di wajah bukannya muncul tanpa sebab. Seiring dengan pertambahan usia dan permasalahan lainnya maka flek hitam bisa saja muncul di wajah wanita ataupun pria tanpa pandang bulu. Untuk dapat menghilangkannya, maka kita harus dapat mengenali penyebab flek hitam di wajah. Dengan begitu maka kita akan dapat menemukan cara yang tepat untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara cepat.
Penyebab flek hitam di wajah ada beberapa macam, di antaranya adalah:

Faktor genetik atau keturunan
Faktor usia
Karena kehamilan
Akibat penggunaan pil KB
Pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah anda atau sering gonta-ganti kosmetik
Sering terkena sinar matahari
Bekas jerawat
Bekas luka
Flek hitam karena faktor keturunan dan usia tidak akan bisa dihilangkan dengan cara yang alami karena sifatnya permanen. Untuk flek hitam karena kehamilan akan hilang sendiri setelah masa kehamilan usai. Sedangkan cara menghilangkan flek hitam pada wajah akibat pil kb adalah dengan tidak menggunakan pil KB lagi dan menggantinya dengan alat kontrasepsi lain atau memakai cara untuk tidak hamil metode lain seperti misalnya metode kalender. Sementara, flek hitam karena hal lain masih memungkinkan untuk dihilangkan dengan menggunakan metode alami asal telaten.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami, ada baiknya para pembaca mengetahui tentang cara pencegahan timbulnya noda atau flek hitam di wajah karena orang bijak mengatakan mencegah lebih mudah dari pada mengobati. Berikut beberapa penyebab flek hitam di wajah dan cara menghilangkannya.

Flek hitam yang timbul di wajah karena penggunaan kosmetik yang tidak cocok anda atau kerap kali berganti kosmetik atau salah melakukan perawatan kecantikan dapat dicegah dengan hanya menggunakan kosmetik yang cocok dan aman bagi kulit wajah. Kehati-hatian adalah hal yang harus dilakukan dalam memilih kosmetik. Pilihlah kosmetik yang memiliki merk dagang yang jelas dan umum saja. Jangan tergiur dengan tawaran menarik atau promosi penjual akan kosmetik dengan merk baru atau tidak dikenal secara umum. Perlu diingat , sekarang ini banyak sekali kosmetik yang menggunakan bahan yang tidak aman bahkan dilarang yang pada akhirnya dapat merusak kulit wajah. Begitu anda menemukan satu jenis kosmetik yang cocok, usahakan jangan menggantinya karena alasan apapun seperti ikut-ikutan teman atau karena beralih ke merk ternama. Merk terkenal bukan berarti cocok bagi anda. Ingat pula ketika kali pertama anda menggunakan kosmetik atau beralih menggunakan merk kosmetik baru untuk mencobanya terlebih dahulu dengan cara tidak memakaikannya ke seluruh wajah anda. Gunakan terlebih dahulu ke bagian kecil wajah (pipi sebelah kiri atau dagu) saja. Lakukan hal tersebut selama beberapa hari dan amati apakah kosmetik tersebut cocok atau tidak. Kosmetik yang tidak cocok terkadang tidak hanya menimbulkan flek hitam saja melainkan dapat menyebabkan reaksi alergi ringan sampai berat seperti wajah menjadi bentol-bentol. Perawatan kulit wajah di salon-salon kecantikan juga bukan jaminan anda akan tampil lebih cantik. Banyak kasus kerusakan kulit wajah dari ringan sampai berat setelah melakukan perawatan kecantikan. Untuk itu, ketika anda akan melakukan perawatan kecantikan di salaon atau klinik kecantikan pastikan anda untuk “cerewet” terhadap konsultan kecantikan yang menangani anda, dalam artian anda harus memastikan bahwa threatment atau bahan yang digunakan pada wajah anda tidak akan berdampak tidak baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

Paparan sinar matahari dalam jangka panjang dapat menyebabkan flek hitam di wajah pria maupun wanita. Karena itu, penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya “akibat seringnya terkena sinar matahari” adalah dengan menggunakan sun block yang tentu saja harus pula cocok dengan kulit wajah apabila anda sering beraktivitas di tempat terbuka.

Dalam banyak kasus flek hitam di wajah pria maupun wanita, bekas jerawat merupakan penyebab utamanya. Sehingga, penyebab flek hitam di wajah dan cara pencegahannya karena bekas jerawat dan juga luka, maka tentu saja harus senantiasa berupaya agar jerawat tidak bersemi dan tumbuh di wajah, seperti menjaga kebersihan wajah, tidak merokok, banyak minum air putih, menghindari makanan penyebab jerawat dan lain-lain. Jangan lupa, aktivitas berwudhu sebelum sholat salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mempercepat hilangnya flek hitam di wajah secara alami.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah dengan Cepat
Secara umum ada 2 cara menghilangkan flek hitam di wajah, yaitu pertama menggunakan produk-produk kecantikan atau melalui klinik kecantikan dengan ditangani ahli kecantikan, dan yang kedua dengan menggunakan bahan alami atau tradisional. Kedua cara di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Keunggulan cara pertama adalah lebih cepat namun lebih bersiko karena menggunakan bahan-bahan kimia, sedangkan cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami dan tradisional relatif lebih lama namun aman. Apapun cara pilihan anda tentu sudah berdasarkan banyak pertimbangan termasuk pertimbangan keuangan.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Secara Alami dan cepat
Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda atau flek hitam di wajah. Kandungan zat dalam bahan alami tersebut, khususnya buah, yang dapat berguna menghilangkan flek hitam pada wajah di antaranya adalah tingkat keasaman dan kemampuannya untuk mengangkat sel mati. Penggunaan bahan alami yang tepat dan cocok untuk kulit wajah dapat menghilangkan flek hitam secara cepat. Hanya saja, pemakaiannya harus rutin dan kita harus telaten. Jangan lupa untuk membersihkan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu dan membasuh wajah dengan air bersih sebelum menggunakan bahan alami atau buah atau sayur untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Ada 20 macam bahan di bawah ini dan anda dapat memilih salah satu di antaranya yang anda yakini paling pas buat kulit wajah anda.

Jeruk nipis

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami dengan menggunakan jeruk nipis paling banyak dilakukan orang karena buah ini mudah didapat, murah, mudah dan terbukti mampu menghilangkan flek hitam pada wajah secara cepat. Ada 2 cara dalam menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan jeruk nipis.

Cara I:


  1. Potong jeruk nipis segar menjadi 2 bagian
  2. Peras dan saring untuk diambil airnya
  3. Oleskan air perasan jeruk nipis pada seluruh wajah yang telah dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu (tidak hanya pada flek hitam) karena jeruk nipis bermanfaat juga untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, mencerahkan serta menyegarkan wajah.
  4. Diamkan lebih kurang lima belas menit.
  5. Cuci wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air biasa.


Cara II:


  1. Belah jeruk nipis menjadi 3 atau 4 bagian
  2. Langsung oleskan pada kulit wajah
  3. Dst, sama dengan Cara I
  4. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan jeruk nipis dapat dilakukan menjelang anda tidur untuk hasil lebih sempurna. Lakukan secara rutin selama 1 bulan untuk menghilangkan flek wajah dan gunakan selamanya untuk perawatan kulit wajah.


Lemon

Lemon merupakan buah yang jenisnya hampir sama dengan jeruk nipis, hanya saja kandungan dan vitamin C dan tingkat keasamannya lebih rendah dibandingkan jeruk nipis. Karena hampir sama, maka langkah-langkah cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami dengan menggunakan lemon sama dengan langkah penggunaan jeruk nipis dalam hal menghilangkan flek hitam pada wajah.
Selain itu pemakaian buah lemon untuk menghilangkan flek di wajah dapat dilakukan dengan membuatnya menjadi seperti masker/pasta/gel menggunakan campuran putih telur.

Caranya:


  1. Potong buah lemon menjadi 2 bagian
  2. Peras dan saring untuk diambil airnya
  3. Ambil putih telur dari sebutir telur
  4. Campurkan air perasan buah lemon dan putih telah dengan perbandingan yang sama
  5. Aduk hingga tercampur merata
  6. Panaskan sebentar saja (± 5 menit) dengan api kecil
  7. Angkat dan dinginkan hingga bahan tersebut menjadi agak padat
  8. Masukkan dalam wadah bersih dan tertutup
  9. Simpan dalam kulkas
  10. Gunakan bahan tersebut dan oleskan pada flek hitam di wajah, biarkan 15 menitan, lalu cuci wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air bersih.


Tomat

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan tomat dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, tomat diiris dan langsung oleskan pada wajah. Kedua, tomat dibuat masker dan dikombinasikan dengan jeruk nipis atau lemon.

Caranya:


  1. Potong buah lemon atau jeruk nipis menjadi dua
  2. Potong buah tomat kecil-kecil
  3. Peras saring buah lemon/jeruk nipis, ambil airnya
  4. Campurkan air perasan buah lemon atau jeruk nipsi dan potongan tomat
  5. Haluskan bahan campuran tersebut dengan memakai blender
  6. Cara pemakaiannya hampir sama saja dengan pemakaian masker biasa
  7. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air bersih

Mentimun

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan mentimun adalah sebagai berikut:

Caranya:


  1. Kupas buah mentimun
  2. Cuci bersih
  3. Potong kecil-kecil
  4. Parut/blender
  5. Gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit

Bengkoang

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan bengkoang sama dengan mentimun dalam pembuatannya. Intinya dihaluskan, boleh diparut atau diblender, lalu gunakan sebagai masker.

Semangka

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami dan tradisional dengan menggunakan buah semangka juga sama dengan bengkoang dan mentimun dalam pengolahan bahannya. Hanya karena lebih lembut, semangka bahkan cukup diremas-remas dengan tangan untuk melembutkannya tanpa harus di blender.

Pepaya

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara tradisional dengan menggunakan pepaya ada dua macam. Cara pertama adalah dengan menggunakan buah pepaya yang masih mentah tapi sudah tua untuk diambil dagingnya (sebagian orang menggunakan kulit papaya) dengan diiris tidak terlalu tipis dan tebal guna dioleskan pada kulit wajah yang terkena flek hitam. Cara kedua adalah dengan menggunakan buah papaya yang sudah matang (jangan terlalu matang) untuk dibuat masker dengna cara dihaluskan.

Kentang

Selain terkenal sebagai bahan penghitam rambut, ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang noda hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan kentang adalah dengan menambahkan beberapa bahan lain, yaitu:


  1. Kupas 1 atau 2 buah kentang
  2. Cuci bersih
  3. Parut kentang tersebut lalu beri air secukupnya
  4. Peras parutan kentang dengan menggunakan kain bersih
  5. Tambahkan sedikit air jeruk nipis atau lemon pada air perasan kentang
  6. Tambahkan juga madu 1 sendok teh
  7. Aduk hingga rata
  8. Gunakan campuran bahan tersebut pada flek hitam di wajah

Beras

Waktu saya kecil, sering saya melihat saudara membuat bedak dingin dari beras dan memang ternyata beras juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan beras adalah dengan membuatnya menjadi seperti masker terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah membuat masker beras:

1. Siapkan dan cuci beras secukupnya sampai bersih
2. Rendam menggunakan air biasa
3. Biarkan selama 5-8 jam (bisa juga semalaman)
4. Haluskan beras yang telah lunak hasil rendaman menggunakan cobek atau ditumbuk. Jika menggunakan blender, tambahkan air bersih secukupnya saja agar hasilnya tidak menjadi encer.

Bawang Merah

Walaupun jarang namun bawang merah juga bisa digunakan untuk memutihkan kembali wajah yang terkena flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami dan tradisional dengan menggunakan bawang merah dilakukan dengan menghaluskannya terlebih dahulu menggunakan blender.

Lidah Buaya

Selama ini lidah buaya sudah dikenal luas sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Namun rupanya, khasiat lidah buaya lebih dari itu dan salah satunya adalah dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan lidah buaya sangat mudah, yaitu potong atau kupas tanaman lidah buaya untuk mendapatkan cairan atau gel tersebut dan oleskan pada flek hitam di wajah. Selain itu, penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam dapat dilakukan dengan mengkombinasikan bersama minyak zaitun untuk dibuat masker. Lidah buaya yang dipakai dalam membuat masker adalah bagian dalamnya saja (kupas kulit luarnya).

Yoghurt

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan yoghurt dapat dilakukan secara langsung dengan mengoleskannya pada flek hitam. Bisa juga dengan membuatnya menjadi ramuan dengan mencampurkannya bersama bubuk oatmel yang sudah dicampur air terlebih dahulu agar lembek seperti bubur dan air perasan lemon, perbandingan 1:1:1.

Madu

Sejak dulu kala madu sudah terkenal sebagai bahan yang memiliki banyak khasiat dan salah satunya adalah penghilang flek hitam di wajah pria maupun wanita. Sama persis dengan pemakaian yoghurt, cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan madu bisa diaplikasikan secara langsung pada flek hitam, serta dapat pula dengan membuatnya menjadi ramuan agar hasilnya lebih optimal. Cara membuat ramuannya adalah mencampurnya dengan yoghurt dan oatmel, perbandingannya madu (1):yoghurt (2):oatmel(1). Jadi misalkan madu 1 sendok, maka yoghurt 2 sendok dan oatmel 1 sendok. Ramuan yoghurt+oatmel+air/jus lemon dan madu+yoghurt+oatmel berfungsi juga sebagai pelembab sehingga tepat pula sebagai cara menghilangkan flek hitam pada wajah kering.

Minyak Cendana

Mengoleskan secara langsung adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan minyak cendana yang terkenal juga sebagai antiseptik alami dan mengandung bahan anti penuaan. Selain itu dapat pula dikombinasikan dengan bahan lain semisal madu ataupu air jeruk nipis. Caranya lebih kurang seperti penjelasan di atas pada pencampuran bahan-bahan penghilang flek hitam. Jangan takut untuk mengkombinasikannya karena semuanya merupakan bahan alami sehingga 100% aman.

Minyak Zaitun

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan minyak zaitun umumnya dilakukan dengan caramengoleskan secara langsung. Namun demikian, jika ingin mencoba mencampurnya dengan bahan alami lain silahkan saja dilakukan.

Air Teh

Cara terakhir ini agak kurang lazim karena biasanya kita mengenal pemanfaatan teh basi untuk hal lain.. Ehem.. Tapi rupanya Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan air teh adalah sebagai berikut:


  1. Rendam teh dalam satu gelas air menggunakan air panas
  2. Teh yang digunakan adalah teh biasa (jangan teh celup)
  3. Biarkan semalaman
  4. Gunakan pada pagi hari dengan membasuhkannya pada wajah dan biarkan hingga mengering dan setelah itu dilanjutkan dengan membasuh muka menngunakan air hangat lalu air biasa.


Ada 16 cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami seperti tersaji di atas. Tentunya anda dapat memilih yang paling efektif guna menghilangkan flek hitam di wajah sehingga wajah anda kembali cerah dan cantik - Semoga Info 16 Tips Menghilangkan Komedo & Bintik Hitam di Wajah Dapat Bermanfaat Untuk Para Pembaca Blog Ini

0 Response to "16 Tips Menghilangkan Komedo & Bintik Hitam di Wajah"

Posting Komentar