ASAL USUL GEDUNG JUANG DAN KAMPUNG SILUMAN

ASAL USUL GEDUNG JUANG DAN KAMPUNG SILUMAN


Kampung Siluman sebuah nama yang cukup membuat merinding bulu-bulu untuk orang yang baru saja mendengar nama kampung tersebut, Kampung Siluman terletak di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Tidak hanya sebuah nama Kampung yang unik, Tambun Selatan juga memiliki sejarah peninggalan Belanda yaitu Gedung Pejuang/Gedung Tinggi atau orang Tambun sendiri biasa menyebutnya dengan Gedung Juang.


Kampung yang terletak di Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi adalah salah satu nama kampung yang unik, yakni kampung Siluman. Salah satu keunikannya adalah nama ini muncul ketika jaman penjajahan Belanda semata-mata untuk menakut-nakuti para penjajah agar tidak masuk ke kampung tersebut. Wal hasil penjajah belanda pun terprovokasi dan enggan masuk ke kampung tersebut sehingga para pejuang bisa selamat melarikan diri ke kampung itu.

GEDUNG JUANG (GEDUNG PEJUANG/GEDUNG TINGGI)

Gedung Juang (Gedung Pejuang/Gedung Tinggi) juga memiliki misteri-misteri yang belum terpecahkan, ada yang bilang dibawah Gedung Juang terdapat sebuah lorong yang dapat menembus ke suatu tempat, tapi itu masih diragukan kebenarannya karna hanya sebagian orang saja yang percaya tentang hal itu. Gedung Juang juga terkenal dengan keangkerannya, waktu itu sempat menjadi tempat uji nyali dari program “Masih Dunia Lain” dan seperti yang saya lihat dilayar kaca, tidak ada seorangpun dari peserta yang berhasil mengui nyalinya disana. Menurut paranormal dari program tersebut, Gedung Juang dihuni oleh makhluk yang meyerupai Kalalawar Putih, memang banyak sekali Kalalawar yang bersarang disana, jika kita lihat disore hari nampak jelas Kalalawar keluar dari atap Gedung Juang tak ada habisnya hingga sore berubah malam.
Hingga kini Gedung Juang menjadi tempat para bermainnya anak-anak jalanan disore hari tentunya, dan disebagian halamannya digunakan untuk menyimpan mobil-mobil Pemadam Kebakaran. Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, Gedung Juang di bangun oleh orang Belanda dan jatuh ketangan Jepang ketika Indonesia merdeka dari Belanda. Sampai saat ini saya tidak tahu siapa yang memegang penuh Gedung Juang.



KAMPUNG SILUMAN

Kampung siluman adalah kampung yang dahulunya dipenuhi oleh alang-alang yang tinggi dan rawa-rawa yang sangat rimbun, saya pernah mendengar cerita dari kakek pribumi yang sedang berkebun saat itu. Beliau bercerita tentang dahulunya Kampung Siluman yang kini sudah dipenuhi oleh perumahan. Kakek itu berkata bahwa dahulu sebelum terbangunnya Perumahan Papan Indah dan Perumahan Taman Raya disini adalah sawah dan rawa-rawa yang sangan rimbun, begitu juga dengan alang-alang yang tumbuh hingga 3 meter tingginya. “Disini dulu sangat seram, tidak ada seorang pun yang berani melaluinya dan sempat saat itu ada seekor sapi yang masuk kedalam rawa itu tapi tidak kunjung keluar” begitulah sedikit cerita kakek yang sampai saat ini masih teringat oleh saya.

SEJARAH NAMA KAMPUNG SILUMAN

Banyak yang bilang awal mula terciptanya nama Kampung Siluman karna dahulu setiap kali ada bangsa kita yang dikejar oleh penjajah dan berlari kearah kampung tersebut maka hilanglah dia dari pandangan para penjajah. Semakin lama pra penjajah mulai menyadari tentang hal itu, dan bangsa kita sendiri juga menyadari bahwa berlari dari kejaran para penjajah kearah kampung tersebut maka dia selamat. Itulah awal mula nama Kampung Siluman tercipta.

0 Response to "ASAL USUL GEDUNG JUANG DAN KAMPUNG SILUMAN"

Posting Komentar